Formasi

Spread the love
  1. Come and see (Promosi panggilan)
  2. Aspiran
  3. Pranovis
  4. Novis
  5. Yuniorat
  6. On going formation Medior
  7. On going formation Senior

PEMBINAAN DALAM KONGREGASI SSpS

Arah dan Tujuan Pembinaan
Pembinaan merupakan keikutsertaan dalam karya Bapa, yang melalui Roh Kudus membentuk sikap-sikap batin Putera dalam hati kaum muda. Vita Consecrata 66

Tujuan pembinaan dalam Kongregasi SSpS adalah pertumbuhan dan pendewasaan secara terus menerus dalam mengikuti Kristus pada jalan nasehat-nasehat Injil demi pelayanan misi Gereja.
Tugas pembinaan awal adalah membantu para anggota baru untuk membatinkan nilai-nilai Injil dan tuntutan-tuntuannya yang terkandung pada panggilan Allah di dalam Kongregasi SSpS. Para pemudi ini berada dalam perjalanan menjadi murid-murid Kristus sebagai suster misi Abdi Roh Kudus, dan pada waktu yang sama mereka menemukan apakah spiritualitas dan kharisma missioner SSpS sejalan dengan panggilan mereka.
Pembinaan bagi kehidupan religius missioner SSpS adalah proses seumur hidup dalam penyingkapan misteri panggilan Allah, ada saling keterkaitan secara terus menerus Antara inisiatif Allah dan jawaban manusia

Ciri Khas Pembinaan SSpS
Hal-hal yang harus ada dan yang tidak dapat ditawar dalam pembinaan SSpS, beserta implikasinya secara konkrit bagi pembinaan adalah:

  1. Diresapi spiritualitas trinitaris
  2. Berpusat pada mengikuti Yesus, Sang Misionaris Sejati, pada jalan nasehat-nasehat Injil.

Hal ini menyiapkan kita untuk:

  1. Hidup dalam komunitas religius missioner yang intercultural, intergenerasional dalam Kongregasi Internasional.
  2. Melanjutkan misi Yesus; mewartakan Kabar Gembira Kerajaan Allah.

Ciri Khas Proses Pembinaan SSpS

Proses pembinaan dimaksudkan untuk menolong seseorang dalam membatinkan nilai-nilai Injil dan menghidupi identitas kita sebagai SSpS secara efektif dalam dunia zaman ini. Prosesnya haruslah:

  1. Integral dan menyeluruh
  2. Berakar pada budaya sendiri
  3. Terbuka terhadap dunia