Komunitas Roh Kudus, Blitar

Spread the love

Komunitas Roh Kudus, Blitar

Perintisan pembukaan biara di Blitar dimulai dengan knujungan Sr. Felicina, SSpS dan Sr. Humilana, SSpS ke Blitar tahun 1926. Tak lama kemudian didirikanlah karya-karya pendidikan yang bernaung dibawah “Joseph Stichting” (Yayasan Joseph). Yang didirikan berdasarkan akta 5 Mei 1927. Akta asli ditanda-tanganin oleh Sr. Felicina Agatha, SSpS dan Sr. Aldegunde Hubertina Everst, SSpS.

Untuk tempat tinggal para suster dibangun satu biara yang dinamakan biara Roh Kudus, dan sejak tahun 1932-1950 resmi menjadi regional. Biara ini adalah milik SSpS Jawa yang pertama.

Berbagai jenis sekolah berdiri dan berkembang disana, antara lain :

  • HCS dengan kepala sekolah Sr. Josua, SSpS
  • TK Eropa dan Cina, dan juga sekolah kepandaian putri Jawa dan asrama putri Eropa.
  • Tahun 1934, didirikan asrama putri Jawa dengan diretktris Sr. Amandine, SSpS.

Tahun 1935 berdiri sekolah rakyat putri Jawa dan di tahun 1936 muncul sekolah industri dan kepandaian putri yang dikepalai oleh Sr. Gertruid, SSpS. Juga ada kursus dagang yang dipimpin Sr. Coelistis dan Sr.Clarina, SSpS yang dikenal sebagai guru piano yang baik.
Karya-karya di bidang pendidikan ini berjalan terus sampai terjadi perang, dan tentara Jepang menduduki sekolah. Sekolah ditutup dan para Suster bersama karyawatinya harus bersembunyi di kamar mandi Biara. Sesudah perang, dimulailah lagi karya-karya di TK yang menurut dokumen yang ada, dibuka tanggal 2 September 1946 dengan kepala sekolah Sr. Bonosia, SSpS. Sedangkan SDK dimulai tahun 1949 dengan kepala sekolah Sr. Magita, SSpS. Sekolah menengah kepandaian putri juga ada disana.
Masa GESTOK (Gerakan 30 September 1945) menjadi masa mencekam yang kedua setelah masa perang. Para suster mengalami ketakutan dan ketegangan. Beberapa diantaranya melihat sendiri kengerian-kengerian akibat kebuasan manusia terhadap yang lain.
Tahun 1940 didirikan lagi TK St. Maria. Sampai sekarang dibangun lagi Taman Kanak-kanak pada tahun 2005, demi pelayanan kepada masyarakat. Dan karena melihat kebutuhan masyarakat yang selalu sibuk maka pada pada tanggal 1 Oktober 2015 di buka lagi TPA. Yang dijadikan TPA dulu adalah asrama. Dan dibuka setiap Senin-Jumat.

Alamat 

Komunitas Roh Kudus
Jl. Sudhanco Supriyadi 21
Blitar 66133
Telp. 0342 801314