Komunitas St. Raphael, Bali

Spread the love

KOMUNITAS ST. RAPHAEL SINGARAJA, BALI

Rumah bersalin Pantisila sebenarnya berdiri pada tahun 1960 dengan kapasitas hanya empat tempat tidur dan meminjam tempat ditempat praktek dr. Hardiwidjojo di Jl. Gajah Mada. Klinik ini kemudian dikenal dan menjadi pilihan masyarakat sehingga kapasitasnyapun makin tidak mencukupi, sehingga pindahlah ke Jl. Baliwerti no.3 bekas rumah NV Praktik yang kondisinya sangat tidak memadai.

Di tahun 1967, Mgr. Paulinus Sani, SVD, pengganti Vikep, meminta para suster SSpS untuk mengembangkan poliklinik dan Klinik Bersalin di Singaraja. Maka Sr. Nolandis, SSpS, Sr. Ittaberga dan Sr. Elvire berangkat ke Bali untuk merintisnya. Keadaan fisik klinik saat itu sangat kurang layak, bahkan tidak memungkinkan para Suster untuk tinggal di sana. Namun hal ini tidak mengurangi semangat para Suster untuk berkarya di sana. Di tahun itu juga dibukalah komunitas baru dengan Sr. Theodardis, SSpS sebagai pemimpin pertamanya.

Sambutan baik masyarakat maupun pejabat pemerintah ,menyemangati para suster kita dan secara moral mendukung perjuangan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dimasa perintisan. Tempat yang sangat terbatas menjadi kendala, belum lagi masalah kurangnya air hanya mengalir pada malam hari sehingga para Suster harus menampung air keperluan memasak, mencuci dan mandi. Peralatanpun masih kurang, kompor dan mesin jahit adalah pinjaman.

Dengan pindahnya keuskupan ke Denpasar, bekas gedung di Jl. Ratulangi (sekarang Jl. Agung) dibeli oleh para suster kita untuk dijadikan Poliklinik, BKIA, Klinik Bersalin. Asrama dan Susteran. Rupanya ini juga dirasa belum memadai, maka di tahun 1970, atas bantuan dana dari Miserior, dibangunlah gedung baru di bagian belakang untuk klinik bersalin, BKIA, Asrama, karyawati, Susteran. Sedangkan Poliklinik memakai gedung lama.

Alamat

Komunitas St. Rafael (Pantisila)
Jl. Gunung Agung 27
Singaraja 81117
Bali
Telp. 0362-29156