Perayaan Kaul SSpS Provinsi Maria Bunda Allah-Jawa

Spread the love
Para Yubilaris, Tim Pimpinan Provinsi dan Mgr. Vincentius Sutikno-Kapel RKZ Surabaya

Para suster SSpS Provinsi Maria Bunda Allah-Jawa, merayakan misa Pengikraran kaul pertama, Pesta Perak dan Pesta Emas. Para suster yang mengikrarkan kaul pertama: Sr. Ida Frederika Kuil,  berasal dari paroki St. Bernardus Naikake, Kefamenanu Keuskupan Atambua, Sr. Paulina Fallo berasal dari Paroki Aryos Niki-Niki Keuskupan Agung Kupang, dan  Sr. Roulina Kristina Bagariang berasal dari paroki Hayam Wuruk Keuskupan Medan. Ketiganya telah menjalani masa Novis di Novisiat Batu-Malang-Jawa Timur.

Para Suster yang Berpesta Perak

Para suster yang merayakan kaul Perak; Sr. Augusta, Agnes Lianawati Surijah, SSpS dari paroki Gembala yang Baik, Keuskupan Surabaya, Sr. Ruth, Francisca Mulyani, SSpS, dari Paroki Jombang, Keuskupan Surabaya, Sr. Anna, Theresia Muji Prapti Wahyuli, SSpS, berasal dari Paroki Salib Suci keuskupan Surabaya, dan yang merayakan pesta Emas; Sr. Rosalini, Eugenie Suwono Pranata, SSpS, berasal dari paroki Kristus Raja Surabaya.

Para suster kaul Perdana ketika menerima Salib dan Konstitusi.

Perayaan misa dipimpin oleh Uskup Keuskupan Surabaya, Mgr.Sutikno Wicaksono dan didampingi oleh RP. Ketut, SVD dan RD Ignatius Sadewo Setiabudi. Perayaan misa berlangsung secara daring dengan mengusung motto: “Bukan kamu yang Memilih Aku, tetapi Akulah yang Memilih Kamu”. . Umat yang menghadiri misa hanya diikuti oleh para suster sejumlah 60 orang. Perayaan misa ini diberlakukan protocol kesehatan Pandemi Covid-19. Misa ini pun dimeriahkan oleh koor dari para suster dan Mas Yusuf yang selalu setia menyediakan waktu setiap perayaan kaul para suster tanggal 2 Juli.

Yubilaris dan Tim Pimpinan Provinsi di Pendopo RKZ Surabaya.

Misa dimulai dengan perarakan dari Pendopo biara bersama TPP dengan menyanyikan lagu Ave Maristella, menuju kapel RKZ-Surabaya.

Dalam kotbah Uskup keuskupan Surabaya Mgr. Vincentius Sutikno, menyentil tentang bagaimana seorang Abdi Roh Kudus dapat menghidupi dan memaknai tiga kaul yang diikrarkan yakni; Kaul Ketaatan, Kemurnian dan Kemiskinan. “bahwa yang paling berat adalah kaul ketaatan karena seorang abdi Roh Kudus dituntut untuk senantiasa renda hati..”

Nyanyian Penyerahan Kaul

Dalam sambutan perwakilan orang tua secara virtual, Bapak Paulus Budiharto mengucapkan terima kasih untuk Uskup dan Tim Pimpinan Provinsi dan para suster SSpS Jawa  yang telah mendukung para suster yubilaris hingga mengikrarkan kaul perdana, kaul perak hingga pesta Emas.

Sr. Ana Wahyuli SSpS, mewakili para yubilaris mengungkapkan perasaan syukur dan bahagia mereka boleh merayakan moment bahagia ini dengan baik di tengah Pandemi Covid-19, dan percaya bahwa keluarga, sahabat kenalan, para suster dan sesama saudara mendoakan dan mengikuti perayaa misa secara virtual.  Ia pun mengatakan bahwa; “Mereka dipilih bukan karena jasa dan kelebihan mereka namun karena kelemahan-kelemahan mereka”.  Ia pun mengucapkan terima kepada semua pihak yang terlibat dalam mendukung hidup panggilan mereka.

Makan Bersama di Refter RKZ Surabaya

Sambutan penutup oleh Provinsial SSpS Maria Bunda Allah-Jawa, Sr. Odilia, SSpS. Ia mengucapkan limpah terima kasih untuk dukungan doa dari para suster baik yang berada di ujung Timur Indonesia  hingga Jawa. Ikrar kaul adalah sejarah Kasih Allah. Allah yang berinisiatif memanggil kita untuk tugas Missio Dei. Ia juga sedikit menyentil penemuan perjalanan rekoleksi dengan para yubilaris bahwa “ Kisah perjalanan para yubilaris tak semulus yang kita bayangkan”. Perlu untuk terus menerus belajar di universitas kehiduppan karena setiap peristiwa yang terjadi selalu sarat makna jika dimaknai secara sungguh-sungguh. Perayaan Misa kaul 2 Juli 2020 diakhiri dengan berkat penutup dan makan siang bersama di RKZ Surabaya.

 

Dukungan Doa setiap  Komunitas

Misa Kaul secara Daring para suster Komunitas Pangkal Pinang

Para suster SSpS Jawa di setiap komunitas, mendukung para suster dengan misa bersama secara daring di komunitas masing-masing, dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan pandemic Covid-19. Sebelumnya para suster telah mengawalinya dengan ibadat sore bersama sejak tanggal 1 Juli 2020, dipersembahkan khusus untuk para suster yubilaris dan juga syukur atas ulang tahun kaul para suster.

Komunitas St. Maria Batu-Malang

Seorang suster ketika diwawancarai mengenai misa Live Streaming dari komunitas masing-masing ia mengungkapkan bahwa: Bersyukur atas perayaan misa kaul, walau dilakukan secara daring, namun peristiwa ini tidak mengurangi perasaan bahagia mereka sebagai Abdi Roh Kudus”. Selamat untuk Para suster yubilaris yang merayakan pesta kaul sebagai Abdi Roh Kudus dalam tarekat SSpS ditengah pandemi Covid-19.

Tim Infokom

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *