Identitas, Spiritualitas dan Kharisma

Spread the love

Identitas: Dipanggil untuk ambil bagian dalam rencana keselamatan

Santo Arnoldus Janssen bersama dengang Beata Maria Helena Stollenwerk dan Beata Josepha Hendrina Stenmanna, telah mendirikan Kongregasi kita, Tarekat Religius Misioner, sebagai jawaban atas panggilan Roh Kudus dan atas kebutuhan bangsa-bangsa, dan mempersembahkannya kepada Roh Penghidup. Kristus telah memanggil kita ke dalam Kongregasi, supaya dalam kekuatan Roh Kudus kita mengikuti Dia, memuji Bapa dan membawa kepenuhan hidup kepada manusia

Spiritualitas Trinitaris kita

Panggilan misioner kita berakar dalam iman kepada Allah Tritunggal Mahakudu yang hidup dalam hati kita. Secara pribadi maupun sebagai persekutuan, hendaklah kita memuliakan Allah Tritunggal dengan melaksanakan tugas apapun, agar Dia dikenal, dicintai dan dimuliakan oleh semua bangsa.

Sebagai Abdi Roh Kudus hendaklah kita secara istimewa mencintai dan memuliakan Roh Kudu. Dia memenuhi hati kita dengan Cinta Allah, mengubah kita, meresapi doa dan karya kita. Dialah yang membuat kita sanggup menyerahkan diri, memberi ciri-ciri khusus pada komunitas-komunitas kita. Dengan membuka diri bagi-Nya dan membiarkan Dia berkarya di dalam diri kita, kita memberi kesaksian tentang kehadiran-Nya di dunia ini. Cinta kepada-Nya mendorong kita untuk mempertaruhkan diri supaya orang lainpun semakin dalam memahami peranan-Nya dalam rencana penyelamatan Allah, mencintai-Nya dan hidup dalam bimbingan-Nya.

Kharisma misioner kita

Kemana saja gereja mengutus kita, kita mewartakan cinta Bapa yang melalui penjelmaan Putera-Nya dan pengutusan Roh Kudus, ingin membawa semua manusia ke dalam persekutuan cinta Allah Tritunggal. Dengan demikian, semua bangsa, oleh Terang Sabda dan Roh Rahmat, dibebaskan dari kegelapan dosa dan kekelaman malam tak beriman, menemui jalan keselamatan.

Pengabdian misioner adalah dasar dan tujuan Tarekat kita. Bertapapun berbeda-beda karya kita, kita membaktikan diri kepada tugas misioner Gereja. Kita melaksanakan pengabdian misioner kita dalam persatuan hidup mesra dengan Tuhan di bawah bimbingan Roh Kudus.