Sahabat Misi Kita; Terima kasih, Saya Sudah Merasa Segar Kembali

Spread the love
Kunjungan Malam itu

“26 tahun lamanya, saya tak pernah merasakan lagi tubuhku mandi air hangat… Terima kasih para suster, saya sudah segar kembali…terima kasih banyak ya”… ungkap Mbok Elly terbata-bata.

Mbok Elly ketika dimandikan dan dikeramas

Di komunitas Waria Seruni sahabatnya para suster SSpS Roh Suci-Yogyakarta, ada seorang waria tua yang sakit dan selama ini diperhatikan oleh salah satu waria, Agus. Ia pun tidak bisa menolong dirinya lagi. Ia hanya hidup dari belas kasih sesamanya. Kamarnya yang gelap dan berbau tak sedap itu, membuat sesama jarang meliriknya kecuali tahu bahwa disana ada seseorang yang berbaring tak berdaya.

Mbok Elly segar kembali, dan diberi segelas susu

Elly nama waria tua itu. Ia terbaring tak berdaya, sesekali ia mengerang kesakitan. Ia tidak bisa melihat sinar matahari karena matanya silau dan sakit. Malam itu kami mengunjunginya. Ia mengeluh kesakitan, badannya seperti remuk, matanya tidak bisa dibuka dan sungguh bau badannya tak sedap. Ia membuang hajat, tidur dan makan hanya di tempat tidur.

Sukacita kita, Mbok Elly berani membuka mata, melihat cahaya matahari

Pagi  itu kami kembali mengunjunginya, membersihkan kamarnya dan memandikannya, dengan membawa dua jergen air panas untuk memandikannya. Setelah membersihkan kamar, lalu kami memandikan dan mengeramas rambutnya. Dia hanya berbisik dan mengatakan. Terima kasih ya Suster, saya sudah hampir dua puluh enam tahun (26 tahun) tidak mandi air hangat. Kami pun memakaikan baju baru  yang dibawa dari biara untuknya dan memberikan minum padanya. Ia tidak pernah berhenti tersenyum dan berterima kasih. “Saya merasa segar kembali suster, terima kasih banyak ya katanya. Beberapa hari kemudian, ia semakin parah dan pada akhirnya pergi abadi dengan vonis ODHA.

Mbok Elly Berkisah tentang Hidupnya sebagai Waria

Komunitas Roh Suci-Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *