Tersiet SSpS Internasional-Celebrate Life at the Holy Ground-Steyl

Spread the love

Tersiet SSpS Internasional 2019  dalam bahasa Inggris diadakan di Steyl-Belanda. Dihadiri oleh 25 peserta dari 16 Provinsi dan Tujuh Kebangsaan. Sr. Bibiana, SSpS dan Sr. Ruth, SSpS diutus dari Provinsi Jawa-Indonesia dalam kegiatan tersiet ini. Para suster yang mengikuti tersiet datang dari India (15), Jepang (1), Polandia (1), Korea (1), Philipina (4) dan China (1). Tersiet ini dikoordinir oleh Sr. Leoni Priginta, SSpS dan Sr. Gracy Antony, SSpS.

Makam Beata Maria Hendrina dan Beata Yosepha Stennmans

 Pembukaan Tersiet pada 15 Juni 2019 hingga 10 September 2019 ini diawali dengan Ekaristi bersama di Kapel Komunitas Allah Tritunggal Steyl-Belanda diiringi dengan tarian oleh peserta  Holy Ground. Dalam ekaristi ini para peserta membawa satu tanaman pot ditangan sambil menari hingga depan altar kemudian meletakkannya pada tempat yang telah disediakan. Ekaristi ini dipimpin oleh P. Tony Pates, SVD.

Lagu-lagu selama perayaan misa digunakan dari berbagai bahasa: Belanda, Hindi, Inggris, Belanda, Tagalok yang merupakan ikon keberagaman dari kongregasi SSpS yang berkarya di seluruh dunia.  Pesan dalam perayaan ekaristi ini adalah: Memperdalam Spiritualitas Kongregasi dan tinggal bersama Yesus dalam Hati.

Para Suster Anggota Tersiet Internasional 2019

Setelah Misa dilanjutkan dengan berdoa didepan makam Beata Maria dan Beata Yosefa. Para suster komunitas mengulurkan tangan keatas para tersiet sebagai symbol, memberi berkat bersama P. Tony Pates, SVD.

Acara ini dihadiri oleh Sr. M. Christina Avalos, SSpS (CLT). Ia memberikan sambutan dan ucapan selamat datang bagi para peserta tersiet dengan harapan bahwa para anggota tersiet dapat mendalami Spiritualitas Kongregasi dalam keheningan bersama Yesus. “Tinggal dan nikmatilah spiritualitas Kongregasi dan bersyukur untuk semua anugerah Tuhan” ungkap Sr. Avalos dalam sambutannya.

Acara ini dilanjutkan dengan makan bersama dengan Pemimpin Komunitas (PIKO) Sr. Antonia, SSpS dan anggota komunitas sejumlah 87 Suster serta perkenalan diri dari masing-masing anggota tersiet.

Penutupan

Dinamika Menerima dan Memberi Berkat bagi Sesama Suster

Tersiat Internasional SSpS ditutup dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh P. Juergen Ommerborn, SVD dan P. Bubi Scholz, SVD di kapela Komunitas Tritunggal  Maha Kudus di Steyl Belanda pada tanggal 25 Agustus 2019. Perayaan syukur ini dikemas dalam dinamika “ala SSpS” yakni persembahan tarian dan doa permohonan dalam tujuh bahasa: Indonesia, China, Korea, Hindi, Tagalog, Polandia dan Jepang.

Dalam kotbah Pater menegaskan sekali lagi bahwa tersiat adalah sebuah kesempatan untuk memperdalam spiritualitas dan menemukan buah kasih Allah dalam hidup serta pelayanan sebagai seorang SSpS. Para suster tersiet pun mendapat berkat penutup di makam Beata Maria Hellena dan Yosefa Hendrina dengan mengulurkan tangan kanan kearah makam sebagai symbol menerima berkat dan tangan kiri di pundak sesama suster sebagai lambang menyalurkan berkat bagi mereka. Perayaan ekaristi ini dilanjutkan dengan makan bersama di Sal Arnoldus.

Ucapan Terima Kasih dan Sayonara

Sr Detha Meko, SSpS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *